MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, July 17, 2018

Naikkan Tunjangan, Bentuk Perhatian Presiden Jokowi Terhadap Babinsa

BANDUNG,Media Suara Nasional - Apel Besar Babinsa dari seluruh Indonesia dihadiri Presiden RI H. Joko Widodo. dalam kesempatan tersebut Presiden memberikan arahan di hadapan 4.505 anggota Babinsa yang berlangsung di Hanggar PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Kota Bandung, Selasa 17 Juli 2018.

Pada sambutannya, Presiden memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Babinsa baik yang berada dilingkup kerja Kodam III/Siliwangi  maupun seluruh Babinsa dipenjuru tanah air atas pengabdian, atas dedikasi, atas kerja keras bersama - sama dengan Kapolri menjalankan tugas Negara menjaga keamanan, menjaga ketertiban dan terutama dalam mengamankan jalannya Pilkada beberapa minggu yang lalu sehingga Pilkada dapat berjalan lancar, aman dan damai berkat kerja keras para Babinsa dilapangan, ucapnya.

Sebagai kepala negara dan Panglima Tertinggi di TNI, Jokowi memberikan perhatian yang sangat besar atas peningkatan profesionalisme, terutama berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa.

"Tahun lalu saya sudah perintahkan kepada Menteri Keuangan untuk siapkan anggaran bagi peningkatan tunjangan kinerja Babinsa dan mulai juli ini kenaikan tunjangan Babinsa sudah diterima," ujar Presiden. 

Dengan rincian Babinsa Type A dari  Rp 104.000/bulan menjadi Rp 900.000/bulan sedangkan Babinsa Type B dari Rp 440.000/bulan menjadi Rp 1.200.000/bulan.

Tujuan dinaikkannya tunjangan kinerja Babinsa, "karena saya tahu Babinsa berada pada posisi barisan terdepan dalam menjaga keamanan, menjaga kedaulatan dan ikut dalam menjaga ketertiban yang ada di desa - desa. Kalau kita sadar dan tahu bahwa negara kita adalah negara yang sangat besar ", jelasnya.

"Kita memiliki 74 ribu Desa, memiliki 60 ribu Babinsa seluruh tanah air dan Indonesia memiliki 17 ribu pulau serta negara kita banyak memiliki perbedaan yang majemuk", rincinya. 

Selanjutnya dijelaskan, "kita memiliki 714 suku dan 1.100 lebih bahasa daerah/ lokal, 514 Kabupaten dan Kota serta 34 Provinsi betapa negara kita negara yang sangat besar ", tambahnya. 

Akhirnya, kata Jokowi,  pada kesempatan ini saya mau titipkan pada seluruh anggota Babinsa yang pagi hari ini hadir dan apa yang harus kita lakukan.

"Sebagian tugas - tugas yang saudara kerjakan dilapangan mempunyai tantangan yang dihadapi kedepan semakin hari bukan semakin mudah, tetapi semakin besar dan semakin sulit", pungkasnya. 

Babinsa harus memiliki kemampuan dan komunikasi sosial bergaul dengan komponen masyarakat, bergaul dengan sesama TNI dan Polri.


Dalam gelaran tersebut juga dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi  Tjahjanto didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han), Pj. Gubernur Jabar Komjen M. Iriawan, Forkopimda. (Elly)

No comments:

Post a Comment