MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Tuesday, July 3, 2018

Pabrik-pabrik Yang Ditutup Saluran Limbahnya Berkomitmen Tak Akan Lagi Buang Limbah ke Sungai Citarum

CIMAHI,Media Suara Nasional - Beberapa pengusaha pabrik di wilayah Cimahi yang sudah ditutup saluran limbahnya oleh Satgas Sektor 21 berkomitmen dengan Satgas Citarum Harum tidak akan lagi membuang limbah yang kotor dan beracun ke Sungai Citarum demi tercapainya upaya Citarum Harum.

Contohnya, dua pabrik di kawasan Leuwigajah masing-masing pabrik How Are You (HAY) dan Gede Indah yang pernah ditutup/dicor saluran limbahnya 3 minggu lalu saat ini sudah tidak lagi membuang limbah kotor dan beracun ke Sungai Citarum.

Menurut Dansektor 21 Satgas Citarum Kol. Yusep Sudrajat, dengan program Citarum Harum ini, mereka terpicu untuk membenahi IPAL nya menjadi lebih baik dalam kurun waktu hitungan hari.

Dua minggu yg lalu PT.  HAY dan PT Gede Indah saluran limbahnya ditutup Satgas Sektor 21 karena membuang limbah kotor.  Pemilik pabrik PT HAY, Mr. Liu saat ini sudah berusaha memperbaiki dan melaporkan kepada Satgas dan meminta corannya dibuka lagi karena menurutnya IPALnya sudah bagus.

"Kita tetap dengan catatan, pada saatnya nanti pabrik ini membuang limbah kotor lagi, akan saya tutup,cor kembali dan akan lama.  Karena dari awal saya sudah bilang harus bersih, harus benar", tegas Yusep saat membuka kembali saluran limbah dua pabrik yang sudah memperbaiki di kawasan Leuwigajah,  Cimahi (2/6).

Dansektor sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dengan Satgas Citarum bagi yang sudah memperbaiki ipalnya. "Jika ada yang kurang - kurang segera perbaiki lagi. Dan jika masih kotor segera tutup dulu sendiri". Tandas Yusep Sudrajat. 

Mr. Liu selaku pemilik pabrik HAY mengakui dirinya bersalah. "Kemaren saya terima salah.  Sekarang sudah saya proses limbah dengan benar, saya training  karyawan saya sampai mereka sanggup bekerja dengan benar Saya pasang CCTV agar saya bisa monitor terus para karyawan yang teledor", ujar Mr. Liu. (Elly)

No comments:

Post a Comment