MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Wednesday, July 4, 2018

Festival Pesona Lipuku 2018 Kepulauan Togean : Mempromosikan Keindahan Alam dan Budaya Togean

Togean,Media Suara Nasional-Festival Pesona Lipuku akan kembali diadakan di Kabupaten Tojo Una Una, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah pada tanggal 6 - 12 Agustus 2018. Festival Pesona Lipuku 2018 ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Tojo Una Una sehingga diharapkan akan lebih banyak wisatawan yang berkunjung. Pada tahun  ini, Festival Pesona Lipuku sudah masuk agenda pariwisata nasional dalam “Top 100 Wonderful Indonesia Event” sebagai wujud dukungan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata Kepulauan Togean di seluruh dunia.
Dalam Festival Pesona Lipuku 2018 ini akan terdapat berbagai kegiatan yang menarik, di antaranya adalah fun bike, bela diri tradisional, kuliner, foto keindahan laut Togean, road race, tari-tarian tradisional, olah raga bahkan berbagai perlombaan seperti lomba perahu dan lomba tarik tambang di atas perahu. Acara ini selanjutnya akan menampilkan masakan lokal dengan bahan utama berupa ikan segar, kepiting, udang dan tiram.
" Festival Pesona Lipuku akan mengenalkan wisatawan ke keindahan enam pulau dari 40 pulau besar di Togean. Tempat-tempat seperti Pulau Kadidiri, Pangempa, Bolilanga, Pulau Taupan, Danau Jellyfish dan Kulingkinari siap untuk dieksplorasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Tojo Una Una,  Mario Dg Pawadjoi.
Kepulauan Togean dikenal dengan pantai berpasir putih dan lautan biru jernih. Tempat ini juga memiliki hutan mangrove yang memiliki 33 jenis mangrove. Sejauh yang bisa dilihat mata, ada tanaman rindang yang merupakan sumber makanan utama hewan dugong.
Sebagai bagian dari Segitiga Terumbu Karang selain Filipina dan Papua Nugini, Kepulauan Togean memiliki salah satu pemandangan bawah laut terindah di Indonesia. Terumbu karang di tempat ini sangat sehat dan alami. Pada tahun 2004 Kepulauan Togean dinobatkan sebagai taman nasional oleh pemerintah. ( mery sulteng )

No comments:

Post a Comment