MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, July 7, 2018

Warga Desa Sukagalih Gelar Acara Selamatan Bumi

Bogor,Media Suara Nasional-Desa Sukagalih Adakan Acara Selamatan Bumi atau Sedekah Bumi didepan Kantor Balai Desa Sukagalih Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, sabtu (07/07/2018).

Acara yang digelar setahun sekali setalah panen itu dikemas sebagai bentuk rasa syukur warga desa sukagalih, Acara diawali dengan Do'a bersama yang digelar malam kemarin, dilanjut siang hari ba'da sholat dzuhur dengan arak-arakan dongdang yang  dihiasi hasil bumi berkisar 1(Satu)  kilo star mulai dari kampung Serdang, Desa Tegal Panjang kecamatan cariu dan titik akhir di depan halaman kantor desa Sukagalaih, turut pengamanan dari Linmas, Satpol PP dan Ormas Pemuda Pancasila. Ratusan masyarakat ikut arak-arakan, dan lainnya menyaksikan di sepanjang deretan jalan utama yang dilewati.
Kegiatan rutin tahunan ini sudah menjadi tradisi di desa Sukagalih. Warga larut dalam pesta dongdang yang disebut dalam sedekah bumi atau yang lebih dikenal dengan hajat bumi. Sabtu malam diisi dengan hiburan Jaipongan dari Nendi Group,” kata Samsudin, Kepala Desa Sukagalih.

Samsudin Mengatakan “Acara ini diadakan setiap tahun dipanen ke 3 (Tiga),  Ini sebagai wujud kebersamaan seluruh warga desa kami. Sebagai bentuk rasa syukur dan Kami berharap acara ini menambah kebersamaan antar warga , untuk menumbuhkan rasa kegotongroyongan dan juga kerukunan warga kami “, ujar Samsudin selaku kepala desa Sukagalih kepada mediasuaranasional.com  di sela-sela acara arak-arakan songdang sedekah bumi.

Sedangkan hiburan berupa pagelaran jaipongan ini merupakan tradisi untuk melestarikan budaya sunda jawa barat. Dan diharapkan kesenian sunda ini tidak hilang di telan masa. Meskipun penggemarnya mulai berkurang dengan  nanggap jaipongan ini sebagai wujud untuk melestarikan kesenian tradisional. Sambungnya.

Ia berharap, mudah-mudahan acara hajat bumi ini lancar hingga akhir tanpa ekses, dan mudah-mudahan di tahun depan hasil panen masyarakat lebih banyak dan bagus sehingga di tahun depan kami bisa menyelenggarakan hajat bumi yang lebih meriah lagi." Pungkasnya penuh harap.

Andi sebagai warga menuturkan yang sama , Acara tradisi sedekah bumi ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. namun baru 2 (Dua) tahun ini berjalan,dan diadakan setiap panen ketiga,kegiatan untuk ngamumule seni budaya sunda. tuturnya.

Acara sedekah bumi yang dipusatkan di depan bale desa atau kantor desa sukagalih  ini menjadi pusat perhatian seluruh warga desa sukagalih dan warga sekitarnya disambut meriah oleh warga, Di arena sedekah bumi itu banyak pedagang yang memanfaatkan untuk menjual berbagai jenis makanan, minuman, mainan,,dan menjadi berkah bagi para pedagang.
(Awan).

No comments:

Post a Comment