MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Saturday, July 7, 2018

Upacara Pembukaan Gladian Pimpinan Satuan ( GPS ) Tingkat Wilayah 3 Kabupaten Bogor

BOGOR, Media Suara Nasional- Upacara Pembukaan Gladian Pimpinan Satuan (GPS) berlangsung hari jum'at dilaksanakan di lapangan Yayasan Sinar Islam Asia Fasipic, kampung Tegal Salam, Desa Cariu, kecamatan Cariu, kabupaten Bogor. Acara ini akan di mulai hari ini sampai 3 (Tiga) hari kedepan. Jumat (06/07/2018).

Gladian Pimpinan Satuan (GPS) tingkat wilayah 3 dan kwartir cabang kabupaten bogor yang diikuti terdiri dari 8 kecamatan di bogor timur dari kecamatan Citeureup, Gunungputri, Klapanunggal, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Tanjungsari dan Sukamakmur dalam acara ini dihadiri oleh Waka Kominfo Pramuka Kabupaten Bogor, para kaka pembina dari 8 Kecamatan dan para peserta pramuka GPS.

Renaldi Yushab Fiansyah selaku Waka Kominfo Pramuka Kabupaten Bogor menuturkan, Gladian Pimpinan Satuan adalah, Pasukan Penegak yang menjadi calon-calon Pembina akan dilantik menjadi Penegak Bantara. Mereka nantinya akan mendapatkan materi-materi tentang kepramukaan dan mereka juga akan dinilai oleh pembina."ucapnya.

Sambung Renaldi, Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Pendidikan Kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda guna membentuk karakter generasi muda tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.

"Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut Gerakan Pramuka menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepramukaan bagi peserta didik secara praktis dengan menggunakan Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan dan Sistem Among. Peserta didik dalam Gerakan Pramuka terdiri dari anak-anak dan pemuda Indonesia berusia 7 sampai dengan 25 tahun yang dibagi menurut golongan usia Golongan Pramuka Siaga, Golongan Pramuka Penggalang, Golongan Pramuka Penegak dan Golongan Pramuka Pandega."Ungkapnya.

Ditempat yang sama Sekretaris Pramuka  Kecamatan Cariu, Sudomo menyampaikan, ini dalam rangka Gladian Pimpinan Satuan, untuk melatih pembina penegak pandega agar lebih memahami management pengelolaan kesatuan di Gugus depannya, sehingga mereka mampu menjalankan administrasi kesatuan Gugus depan masing-masing.

"Kegiatan yang dilakukan oleh para ketua-ketua penegak yaitu, tatacara upacara, cara melantik dan mengurus administrasi Gugus depan.

Sudomo berharap, kegiatan ini bisa lebih bermanfaat bagi mereka sebagai para calon-calon generasi penerus kita, karena mereka adalah para pimpinan kesatuan gugus depannya kita latih dan kita bina, supaya mereka menjadi peka seketika menjadi pemimpin disuatu hari nanti, semoga kegiatan GPS ini berjalan dengan lancar sampai di akhir acara nanti. Amin."Pungkasnya.


(AWAN).

No comments:

Post a Comment