MEDIA SUARA NASIONAL

RELEVAN - OBJEKTIF - LUGAS

lightblog

Thursday, July 5, 2018

PLENO KPU DONGGALA SAKAYA UNGGUL


DONGGALA,Media Suara Nasional – Rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi (secara manual atau real count) Pilkada serentak di tiga daerah di Sulteng yakni Kabupaten Donggala, Parimo, dan Morowali di gelar


Di Kabupaten Donggala, rekapitulasi akhir menunjukkan Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati  nomor urut 2, Kasman Lassa SH – Mohammad Yasin SSos (Sakaya) dinyatakan unggul dengan perolehan suara sebanyak 53.042.

Urutan kedua Paslon nomor urut 3, Vera Elena Laruni SE – Taufik Burhan (Vegata) memperoleh suara sebesar 41.845. Disusul Paslon urut 1, drg Anita B Nurdin – Abdurahman ST (Arrahman) sebanyak 39.736 suara. Dan posisi terakhir diraih Paslon nomor urut 4, Idham Pagaluma – Mohammad Yasin Lataka (Iyamo Kami) dengan 18.471 suara.


Dua Paslon yakni nomor urut 1 dan 3 menyerahkan nota keberatan atas rekapitulasi hasil perhitungan suara kepada pihak KPU dan Panwaslu Kabupaten Donggala.

Dari KPU Parimo dilaporkan, rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara menegaskan Paslon nomor urut 1, Samsurizal Tombolotutu – Badrun Nggai (Sabar) unggul di sejumlah kecamatan. Kemudian disusul Paslon nomor urut 3 Amrullah Almahdali – Yufni Bungkudapu (Amin) dan posisi ketiga ditempati Paslon nomor urut 2 Erwin Burase – Rahmawati (Era Baru).

Sedangkan perhitungan dan rekapitulasi di Kabupaten Morowali digelar di aula KPU Morowali yang berada di kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Kecamatan Bungku Tengah, berlangsung aman dan tertib. KPU Kabupaten Morowali telah mengumumkan pemenang dari pertarungan dalam memperebutkan kursi pemimpin daerah Kabupaten Morowali periode 2018-2023.

Sementara itu, juga digelar rapat pleno KPU Morowali. Dari hasil rekapitulasi berdasarkan formulir DA1-KWK yang dituangkan di formulir DB1-KWK, Paslon nomor urut 1 Taslim – Najamudin (Tahajud) berhasil meraih suara terbanyak dengan total suara sebanyak 26.325, disusul Paslon nomor urut 3 Sarifudin Hafid – Chaerudin Zen (Sah) 20.524. Kemudian paslon nomor urut 2 Ambodale – dengan suara 17.756. selanjutnya Paslon nomor urut 5 5.911, dan yang terakhir pasangan nomor urut empat dengan total suara 3.077.

Selama tiga hari kedepan, Paslon yang keberatan dipersilakan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun apabila selama tiga hari kedepan tidak ada satu pun yang melakukan gugatan, maka selanjutnya KPU akan melakukan rapat pleno penetapan calon terpilih. ( mery sulteng)

No comments:

Post a Comment